Minggu, 13 Maret 2011

Jenis penipuan di internet serta cara mencegahnya


Jenis penipuan di internet serta cara mencegahnya


Penipuan di Internet sekarang merajalela, jika teman-teman tidak mengetahuinya, kemungkian Teman-teman akan menjadi korban. Para penipu ini bisa mengambil uang kita dengan berbagai cara atau memfitnah kita. Yang jelas sangat merugikan kita. Penipu biasanya memanfaatkan goncangan psikologis dan membuat orang mengabaikan akal sehat. Baca kelanjutannya ya…


1. Undian Berhadiah

    * Sering sekali ada orang yang menerima email berisi Teman-teman memenangkan undian berhadiah. Bisa dari Yahoo, Microsoft, atau yang lain. Jangan mempercayai email ini. Jika Teman-teman penasaran sekali, kontak langsung Yahoo atau Microsoft atau siapapun yang dikabarkan dalam email tersebut akan memberi hadiah.
    * Pencegahan: Jangan percaya apalagi transfer uang terlebih dahulu sebelum Teman-teman memastikan kebenaran undian berhadiah.



2. Bisnis Palsu

    * Bisnis ini biasanya MLM (Teman-teman harus merekrut member). Termasuk di dalam kategori ini adalah HYIP (High Yield Investment Program). HYIP bukan bisnis investasi tetapi permainan uang.
    * Pencegahan: Mendapatkan uang dengan mudah itu tidak ada. Selidiki siapa yang menyelenggrakan bisnis tersebut (alamat, badan hukum) jika akan bergabung dengan suatu bisnis..



3. Phising

    * Phising adalah teknik penipuan untuk mencuri password Teman-teman atau informasi pribadi Teman-teman. Pelaku phising sering membuat website palsu yang mirip dengan aslinya, sehingga korban memasukkan nomor rekening dan password di website penipu.
    * Pencegahan: jangan mengklik link di email, selalu periksa URL sebelum login. Misalnya jika mau login ke yahoo mail, pastikan URL-nya mail.yahoo.com.




4. Program Pay To

    * Teman-teman mendapat tawaran untuk mengikuti program yang akan membayar Teman-teman jika Teman-teman mengklik email atau banner. Diantaranya memang mereka membayar Teman-teman, namun sebagian besar mereka tidak membayar Teman-teman. Ciri-ciri penyelenggara bisnis ini yang menipu adalah jika mereka menyaratkan Teman-teman harus memperoleh poin sejumlah tertentu (misalnya 100 USD) sebelum mereka membayar Teman-teman. Kenyataannya, poin Teman-teman tidak pernah mencapai jumlah ini.
    * Pencegahan: Tidak mengikuti program ini, kalau Teman-teman tertarik mengikuti, selalu memeriksa forum yang membahas program tersebut dan mencari tahu apakah membernya dibayar.




5. Piramida Uang

    * Mirip MLM tapi tanpa produk. Teman-teman diminta untuk mentransfer uang ke nama nomer pertama, Teman-teman masuk ke nomor terakhir. Teman-teman diminta menyebarkan email tersebut ke banyak orang. Bisnis seperti ini tidak berjalan dan hanya membuang waktu Teman-teman.
    * Pencegahan: Tidak mengikuti bisnis piramida uang.




6. Pencucian Uang

    * Teman-teman mendapat email bahwa ada harta warisan yang perlu dicairkan. Teman-teman diminta membantu dengan menyediakan rekening bank untuk ditransfer. Uangnya sebenarnya tidak ada, kalaupun ada dan ditransfer ke rekening Teman-teman, uang itu adalah hasil curian dan Teman-teman akan berurusan dengan hukum.
    * Pencegahan: Jangan pernah tergiur dengan penawaran ini.



7. Hacking & Cracking

    * Teman-teman tiba-tiba tidak bisa login di email, password salah terus! Padahal Teman-teman merasa tidak pernah mengganti password. Atau E-gold atau paypal Teman-teman tiba-tiba habis ada yang menguras. Pelakunya adalah hacker atau cracker yang mencuri password Teman-teman dan mentransfer ke rekening mereka.
    * Pencegahan: Selalu memasang antivirus dan tidak mengakses rekening online di warnet, selalu gunakan komputer pribadi jika Teman-teman harus mengakses rekening online.



8. Software yang berisi virus / trojan

    * Teman-teman mendownload software dan merasa nyaman menggunakannya. Tiba-tiba rekening Teman-teman ada yang membobol.
    * Pencegahan: Selalu gunakan antivirus terbaru yang sudah diupdate ketika membuka Internet.



9. Penyedia layanan email palsu

    * Teman-teman mendapat email yang berisi iklan bahwa ada sebuah layanan email yang sangat fantastis, misalnya tanpa batasan kapasitas, anonim, bahkan Teman-teman akan mendapat dollar jika registrasi. Itu semua bohong. Jika Teman-teman menggunakan email tersebut, maka data-data pribadi Teman-teman akan dicuri oleh penyedia email palsu tersebut.
    * Pencegahan: Jangan mendaftar email ke tempat yang tidak dapat dipercaya, gunakan yahoo atau gmail yang terpercaya.



10. Email palsu (Fake Mail)

    * Teman-teman mendapat e-mail seolah-olah dari admin yahoo, admin e-gold atau paypal. Email ini menyatakan Teman-teman harus login untuk verifikasi data. Teman-teman sangat terkejut dan segera membuka link yang ada dalam pesan email tersebut. Teman-teman diminta memasukkan password Teman-teman. Jika ini terjadi berarti Teman-teman telah tertipu, karena mengirimkan password ke hacker / cracker.
    * Pencegahan: Jangan mengklik link dalam email, apalagi setelah Teman-teman klik, Teman-teman harus memasukkan password Teman-teman. Ini halaman palsu.



Email Berantai (Chain / Hoax Letter)

    * Teman-teman pasti sering mendapatkan email yang menganjurkan untuk meneruskan pesan (forward) tersebut ke orang lain. Mungkin ada ancaman atau Teman-teman ingin membantu seseorang, atau dengan meneruskan email tersebut Teman-teman akan mendapatkan hadiah. Hampir semua email berantai adalah bohong. Hanya membuang waktu Teman-teman.saja..
    * Pencegahan: Jangan meneruskan email yang menyarankan Teman-teman untuk meneruskan email kepada orang lain.




Note dari admin : Jangan mudah percaya di dunia Cyber, dan selalu waspada. Apabila menemui sesuatu yang sangat menarik, lebih baik berpikir sebaliknya, bahwa semakin menjajikan keuntungan buat kita, maka akan semakin besar resiko yg ditimbulkan.

kunjungi website kami untuk ilmu yg lebih banyak di:www.tkjhkti2.com

1 komentar:

exosszero mengatakan...

semoga bisa bermanfaat ya.....

Posting Komentar